Game

Beli Game Fisik Atau Game Digital? Dilema Gamer Konsol

Bingung Mau Beli Game Fisik Atau game Digital? Berikut Ini Sedikit Pencerahan Sebagai Bahan Pertimbangan

Mereka yang memiliki perangkat konsol terbaru seperti PS4 dan XBOX ONE pasti memiliki kesulitan ketika memilih atau membeli game baru.

Beli game mana ya? game Fisik atau game Digital? kedua bentuk game ini memiliki harga yang berbeda, kecuali pada SWITCH tentunya.

Jadi model game mana yang akan kalian beli? berikut ini beberapa titik keuntungan dan kerugian untuk membantu kalian dalam memilih game fisik atau digital.

GAME DIGITAL vs GAME FISIK

PERBEDAAN HARGA

Game digital memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan game fisik, harganya beragam sekitar lebih mahal 5 usd – 10 usd dibandingkan game fisik. Sedangkan game fisik biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan game digital.

JUAL BELI, GAME SECOND

Game digital tidak dapat kalian jual kembali, game yang kalian beli via online akan langsung terkundi pada id anda. Hal ini membuat game ini hanya dapat digunakan oleh sang pembeli.

Sedangkan game fisik dapat kalian jual kembali jika kalian sudah bosan memainkannya, Walaupun biasanya hanya seharga 50% – 80% dari harga beli, uang tersebut dapat kalian gunakan untuk membeli game lainnya.

DOWNLOAD & INSTAL

Jika game ini berukuran besar, kalian membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendownloadnya, berbeda dengan game fisik yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk mengistal.

Dan jika suatu saat kalian ingin memainkan game yang sudah kalian delete, bagi pemilik game digital kalian harus menunggu waktu download ulang yang cukup lama.

Sedangkan pemilik game fisik, dapat dengan mudah mendelete dan instal gamenya hanya dalam waktu 30 detik – 5 menit saja.

DAYA TAHAN GAME

Game digital akan selalu ada pada akun anda selama anda ingat ID, Password dan email kalian, game ini akan selalu ada selama – lamanya dan tidak akan rusak bahkan setelah konsol anda rusak atau tidak digunakan lagi.

Game fisik walaupun memiliki umur panjang, tetapi jika terjadi kesialan seperti baret, patah, basah, digigit anjing, hilang, dicuri, dan lain – lain. Kalian tidak akan dapat memainkan game tersebut sampai kalian membeli kembali game tersebut.

EFEK SAMPING TERHADAP PERANGKAT

Game digital tidak memiliki banyak efek samping terhadap perangkat gaming anda, game tersebut hanya membutuhkan data digital yang telah kalian download dan instal.

Sedangkan game fisik dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti bluray tersangkut pada rom, membuat mata rom rusak, dan menyebabkan suara yang berisik.

Selain dari itu jika rom pada perangkat kalian rusak, kalian tidak akan dapat memainkan game tersebut, seperti ketika game tersangkut dan tidak dapat keluar dari rom.

KOLEKSI

Game digital tersusun rapih pada library kalian, tetapi game ini sebagian hanya dapat kalian lihat ketika kalian mengakses library

Sedangkan game fisik memiliki kotak yang beragam dan cukup keren, bagi kalian yang suka mengkoleksi barang, game fisik merupakan pajangan yang cukup indah.

KESIMPULAN MENURUT OTAKUREI.COM

Game digital memang memiliki banyak keuntungan dibandingkan game fisik, tetapi game fisik lebih menguntungkan dalam hal harga sekarang dan kedepan.

Bagi kalian yang tidak memiliki banyak dana untuk membeli game terus menerus, game fisik akan sangat menguntungkan dimana kalian dapat membeli dengan harga lebih murah dan kalian dapat menjualnya kembali sebagai game second.

Dan jika perangkat genre berikutnya rilis, makan kalian dapat menjual seluruh game anda beserta perangkat anda, disini setidaknya kalian akan mendapatkan 50% dana anda untuk membeli perangkat game generasi berikutnya.

Sedangkan game digital sangat bagus bagi kalian yang tidak memikirkan nilai jual kembali game tersebut, dan bagi kalian yang merasa daya tahan game fisik tidak akan tahan lama di rumah anda.

Tags
Show More

Reimon Handoko

Otakurei Admin, Gamer, Cosplay n Toy Photographer, Writer, Youtuber, F.A.G Collector, & Fat Otaku For Hire!
Close