Berita

Cara Membetulkan Harddisk Yang Tiba-Tiba Menjadi RAW Dari NTFS

Mengubah RAW menjadi NTFS atau melakukan format Harddisk RAW tidak begitu sulit. HDD RAW bisa terjadi karena banyak hal, dan hal ini dapat membuat anda panik terutama ada data penting didalamnya.

Kemarin ini baru aja terjadi bencana ke harddisk kami, data sebesar 2TB hampir saja hilang, begitu komputer dinyalakan harddisk tidak dapat diakses. Harddisk tampil di my computer tetapi tidak dapat dibuka dan jika di klik kanan terus properties terlihat data 0 byte atau kosong.

Tapi jangan khawatir, harddisk anda masih dapat diselamatkan, RAW tidak selalu menandakan kerusakan yang sangat parah di harddisk anda. Format RAW harddisk menjadi NTFS merupakan salah satu cara termudah untuk memperbaikinya.

Jika kalian memiliki data-data penting di harddisk tersebut, jangan kalian format harddisk RAW tersebut. Download dan instal Easeus Data Recovery untuk mengcopy data-data penting ke harddisk lain dan simpan dengan baik.

Setelah otak-atik disana-sini akhirnya ditemukan cara mengatasi masalahnya, begitu kami cek di Computer Management ternyata partisi harddisk kami berubah dari NTFS menjadi RAW. Berikut yang kami lakukan untuk membetulkan permasalahan ini:

  1. Jangan format harddisk tersebut
  2. Buka “Computer Management” (bisa dengan klik kanan icon my computer > manage)
  3. Pilih bagian Storage > Disk Management
  4. Pilih haddisk yang error. Di tempat saya “File System” yang seharusnya NTFS menjadi RAW
  5. (Tidak Harus) Untuk memudahkan ubah “drive letter and path” dengan cara klik kanan dibagian partisi harddisk kemudian pilih Change Drive Letter and Path… ( saya ubah harddisk yang rusak ke H)
  6. Sekarang kembali ke desktop, dan buka CMD; bisa dengan pencet (win+r) kemudian ketik cmd
  7. Pada Command ketik “chkdsk H: /ftanpa tanda petik
  8. Tunggu sampai selesai, dan jika tidak ada kerusakan parah harddisk tersebut bisa digunakan lagi, lengkap dengan data-data sebelumnya.

Tidak bisa format harddisk raw? chkdsk mengeluarkan pesan bahwa tidak dapat malakukan aksi kepada tipe harddisk RAW? Jika hal tersebut terjadi coba dengan cara ini:

  1. Jalankan cmd dengan klik kanan dan run as administrator
  2. Pada Command ketik “chkdsk H: /rtanpa tanda petik
  3. tunggu sampai proses selesai.

Bagi yang mengalami hal yang sama bisa dicoba cara diatas, semoga berhasil, dan semoga dapat membantu. Setelah melakukan perbaikan sebaiknya simpan data penting di harddisk lain, kemudian lakukan full format, bukan quick format terhadap harddisk yang bermasalah tadi.

Tags
Show More

Reimon Handoko

Otakurei Admin, Gamer, Cosplay n Toy Photographer, Writer, Youtuber, F.A.G Collector, & Fat Otaku For Hire!
Close