Budaya Jepang

Japanese Culture : Dashi

Penyedap rasa dari Jepang

Dashi merupakan salah satu kunci dari setiap masakan Jepang. Dashì sendiri merupakan kaldu yang dicampurkan ke hampir semua masakan traditional Jepang.

Dashì biasanya terbuat dari kombu(Tanaman/Rumput laut yang dikeringkan), Bonito Flakes(Tuna skapjack yang dikeringkan dan diiris tipis).

Dengan menggunakan dashì kita tidak perlu untuk menambahkan banyak bumbu kedalam masakan kita. Dashì biasanya digunakan untuk miso sup, noodle soup dan juga nasi kepal/onigiri.

Cara membuat dashi dirumah

Kalian juga dapat membuat dashì sendiri dirumah, tidak sulit untuk membuat dashì sekarang ini karena banyak sekali dashi sachet atau bubuk yang dijual disupermarket modern. Kalian dapat mencarinya di toko – toko yang khusus menjual bahan – bahan luar negeri.

Kalian juga dapat membuat sendiri tanpa harus mencari bubuk dashì disupermarket. Kalian hanya perlu mencari Bonito Flakes(Tuna skapjack yang dikeringkan dan diiris tipis), bonito flakes biasanya digunakan untuk menghiasi takoyaki. Kalian juga dapat mencari kombu(rumput laut kering) bukan yang sudah dibumbuhi dan siap makan, kalian harus mencari rumput laut yang biasa digunakan restorant jepang dalam sup miso mereka.

Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor
Close