Budaya Jepang

Japanese Culture : Genmaicha

Genmaicha adalah minuman teh khas jepang yang terdiri dari daun teh dan beras merah yang dibakar. Genmai bermakna beras, cha bermakna teh.
Mengapa harus ditambahkan beras merah bakar?Konon ditambahkan beras merah bakar untuk menghemat pengunaan daun teh. Genmaicha sering disebut juga dengan “teh rakyat”.
Genmaicha biasanya diminum untuk orang yang berpuasa dengan tujuan keagamaan. Genmaicha memiliki warna khas kuning muda. Rasanya ringan, gabungan dari rasa segar teh hijau dan aroma beras merah bakar.

Manfaat

  • Sebagai anti oksidan, menghilangkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh.
  • Mengurangi kolesterol, menghambat pembentukan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  • Mengurangi lemak, baik di sistem tubuh maupun sistem pencernaan. Catechin diketahui dapat terserap aliran darah hingga mencapai sel-sel hati serta meningkatkan metabolisme lemak.
  • Sebagai anti bakteri dan mensterilkan, khususnya untuk kuman dan bakteri.
  • Sebagai antivirus, berkumur dengan teh hijau Jepang terbukti bisa mencegah influenza dan demam umum, serta membantu memulihkan gejala influenza dan demam pada umumnya seperti tenggorokan gatal, batuk dan penyumbatan saluran napas.
  • Mengurangi alergi, diakui catechin(polifenol yang ampuh sebagai antioksidan) dapat mengurangi gejala alergi seperti gatal dan bersin-bersin, sehingga dapat mengurangi alergi (alergi serbuk sari yang ada di udara, alergi yang sudah terbentuk, dan dermatitis).
  • Perawatan mulut, secangkir teh sehabis makan mencegah pertumbuhan kuman penyebab penyakit dan halitosis (bau mulut) karena catechin sebagai deodoran aktif dan juga mensterilkan.
Tags
Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor
Close