Budaya Jepang

Japanese Culture : Kamizumo

Kamizumo merupakan permainan traditional Jepang yang menggunakan kertas. Ini merupakan permainan sumo yang menggunakan kertas. Permainan seperti ini sudah dikenal sejak zaman kuno, namun permainan sumo kertas cara Tokugawa menjadi populer sekitar tahun 1975 setelah dipopulerkan oleh Asosiasi Sumo Kertas Jepang.

 

Kamizumo

 

Cara Bermain :

Boneka dibuat dari kertas tebal seperti karton yang dilipat dua di bagian tengah supaya boneka dapat berdiri tegak dan tidak jatuh dengan sendirinya. Ukuran boneka kira-kira 10 × 19 cm. Pada boneka kertas diberi gambar pesumo, dan lalu digunting sehingga mirip bentuk tubuh seorang pesumo. Lingkaran untuk arena pertandingan sumo (dohyo) digambar di atas karton tebal yang dijadikan alas permainan. Kedua boneka kertas lalu diletakkan saling berhadapan di tengah-tengah lingkaran.

Dua pemain yang saling berhadapan memukul-mukul atau menepuk-nepuk alas permainan hingga menimbulkan getaran. Kedua boneka kertas di tengah lingkaran yang terkena getaran, sedikit demi sedikit bergerak maju atau mundur hingga salah satunya ke luar dari lingkaran atau terjatuh. Pemenangnya adalah pemain yang bonekanya masih berdiri di dalam lingkaran. Peraturan permainan sama halnya dengan peraturan pertandingan sumo yang sebenarnya.

Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor

Close