Budaya Jepang

Japanese Culture : Kendo

Kendo merupakan sebuah seni bela diri dari Jepang yang menggunakan pedang. Kendo sendiri berasal dari kata “ken” yang bearti pedang dan “do” yang berarti jalan. Jadi arti kendo secara keseluruhan adalah suatu jalan/ proses disiplin diri yang membentuk suatu pribadi samurai yang pemberani dan loyal.

Kendo

japanese culture kendo

Perlengkapan Kendo:

  1. Kepala pelindung/helm dan bahu (Men). Ini terbuat dari mengane (paduan duraluminium atau titanium. Untuk men-futon (potongan panjang kiri dan kanan mengane), dan tsuki (tutup pelindung tenggorokan).
  2. Pelindung dada (Do). Ini terbuat dari fiber ringan/bambu dan kulit.
  3. Sarung tangan (Kote) yang terbuat dari kulit sapi atau rusa. Tapi juga bisa dari kulit sintetis.
  4. Pelindung perut (Taret). Terdiri atas wakihimo (sabuk), haraobi (pelindung pinggang), danoodare/kodare (pelindung selangkangan).
  5. Kendogi (pakaian kendoka). Ini terdiri atas jaket (gi) dan celanda (hakama). Keduanya terbuat dari katun dengan warna indigo. Kainnya cukup tebal untuk memberikan perlindungan dari serangan.
  6. Tenugui, sebuah kain seperti syal yang diikatkan di kepala. Terbuat dari katun tipis bermotif kaligrafi yang berisi filsafat Jepang. Ia membantu menyerap keringat agar tak menetes di mata selama bertanding.
  7. Pedang. Terdiri atas shinai dan bokken. Senjata utama dari kendoka adalah shinai (pedang bambu berlatih secara biasa), keiko (dipakai saat bertarung), dan shiai (dipakai untuk kompetisi). Shinai ini dibangun dari 4 bilah bambu. Panjang standar dan beratnya untuk pria adalah sekitar 500 gram dan wanita sekitar 420 gram.
  8. Bokken yang terbuat dari kayu dan bentuknya mirip samurai/katana asli.

Serangan dalam kendo :

  • Men merupakan serangan yang ditujukan ke kepala lawan. Pedang diangkat hingga melewati kepala kemudian diayunkan hingga mengenai kepala lawan. Serangan Men adalah serangan paling dasar dalam olahraga kendo. Kendoka(Atlet Kendo) pemula sangat disarankan untuk menguasai serangan ini.

kendo men

  • Kote adalah serangan yang ditujukan ke tangan kanan lawan. Bagian tangan yang diincar biasanya daerah sekitar pergelanggan tangan. Sama seperti Men, untuk melakukan Kote, seorang kendoka harus mengangkat pedangnya ke atas dan mengayunkannya ke arah kote lawan. Serangan Kote merupakan teknik serangan kedua yang diajarkan setelah seorang kendoka mempelajari Men.

kote kendo

 

  • Do merupakan serangan yang ditujukan ke arah perut lawan. Serangan Do juga dilakukan dengan mengangkat pedang keatas lalu kemudian diarahkan ke bagian kiri perut lawan. Setelah pendang menyentuh perut, pedang akan ditarik sehingga kelihatannya membelah perut lawan. Serangan Do merupakan teknik yang paling sulit bila dibandingkan teknik serangan dasar lainnya.

do kendo

 

  • Tsuki merupakan sebuah gerakan serangan tusukan ke arah leher lawan. Biasanya teknik ini baru diajarkan kepada kendoka tingkat menengah. Teknik ini tidak diajarkan kepada kendoka pemula karena sangat berbahaya bagi lawan bila meleset.

tsuki kendo

 

 

Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor

Close