Budaya Jepang

Japanese Culture : Kingyo Sukui

Kingyo Sukui adalah permainan traditional dari Jepang yang dimainkan baik anak – anak maupun orang dewasa. Permainan ini sama seperti memancing, namun dilakukan dalam kolam kecil dan memakai alat yang unik. Ikan yang ditangkap adalah jenis ikan mas (Goldfish)

Kongyo yang bearti Goldfish dan Sukui sendiri memiliki arti menyerok (Scoop). Permainan ini sangat mudah, kalian diharuskan untuk mengambil ikan mas ya ada dikolam menggunakan alat sekop yang terbuat dari kertas.

Kingyo Sukui

Peraturan dalam permainan ini :

Setiap orang bermain secara individu, setiap pemain dibekali dengan sebuah sekop bernama “Poi” dan mangkok untuk meletakkan ikan mas yang berhasil ditangkap.

Poi sendiri terbuat dari kertas, seperti yang kita tahu bahwa kertas bila terkena air akan mudah hancur. Apalagi untuk mengangkat tubuh ikan mas yang terbilang lumayan berat, biasanya Poi akan rusak. Meskipun Poi sudah rusak, kita masih dapat melanjutkan permainan ini dengan memanfaatkan sisa bagian yang terdapat dalam Poi.

Biasanya pemilik permainan ini akan memberikan Poi yang lebih kuat bila pemainnya membayar dengan harga lebih mahal. Bila seseorang pemain tidak dapat menangkap satu pun ikan mas, biasanya pemilik toko juga akan memberikan satu sampai dua ikan mas gratis kepada mereka.

Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor
Close