Budaya Jepang

Japanese Culture : Manju

Manju kue jepang dengan selai kacang merah yang manis

Manju adalah kue traditional dari Jepang. Kue ini biasanya terbuat dari tepung, tepung beras dan gandum, kemudian mánju juga memiliki isi yang biasanya terbuat dari anko (Selai kacang merah). Selai kacang yang digunakan merupakan campuran dari kacang adzuki dan gula.

Sejarah Manju

Manju merupakan salah satu tipe dari kue mochi dan juga merupakan saudara dari mantou yang berasal dari negeri tirai bambu cina namun mantou berubah nama menjadi manju setelah dibawa masuk kedalam Jepang.

Pada tahun 1341 seorang perantau Jepang kembali ke negeri cina dengan membawa mánju dan menjualnya dengan nama Nara Mánju.

Sejak itu mánju sudah dikonsumsi lebih dari 700 tahun oleh penduduk Jepang. Sekarang mánju juga dapat dengan mudah dijumpai dengan harga yang sangat murah serta menjadikan makanan mánju ini menjadi popular.

Cara Membuat Manju

Tipe – tipe Mánju

  • Matcha (Greentea) ini adalah mánju yang paling umum dan paling banyak beredar dimasyarakat. Mánju ini berwarna hijau serta memiliki isi selai green tea.
  • Mizu (Air) ini ada mánju khusus yang dimakan pada musim panas atau pada saat cuaca sedang panas. Mánju ini berisiikan selai kacang merah, namun yang membedakan mizu dengan mánju lainnya terdapat pada lapisan luarnya. Lapisan luar dari mánju berasal dari Jelly transparant.

 

Source
wiki
Tags
Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor
Close