Budaya Jepang

Japanese Culture : Odorigui

Odorigui atau “dancing eating” adalah salah satu cara unik orang Jepang dalam menyantap makanan seafood. Seafood merupakan makanan yang sangat banyak dijumpai di negara Jepang, karena letak  negara Jepang yang hampir seluruh wilayahnya bersingungan dengan lautan.

Banyak sekali cara orang Jepang dalam menyantap makanan seafood, salah satunya adalah Odorigui.

Odorigui sendiri merupakan mengkonsumsi seafood dengan cara memakannya dalam keadaan hidup atau masih bergerak. Jenis seafood yang biasa dikonsumsi dengan cara odorigui adalah Gurita, Cumi – cumi , Ice Gobies dan beberapa hewan seafood kecil lainnya.

Meskipun Odorigui merupakan budaya yang sudah ada dari zaman dahulu, tidak banyak orang yang tidak setuju dengan cara makan ini. Mereka merasa bahwa kita menyiksa hewan yang hendak kita makan secara perlahan – lahan.


Shirouo no Odorigui

 

Ini merupakan jenis ikan kecil yang dapat kita santap dalam keadaan hidup. Ikan kecil ini bernama latin “Leucopsarion petersii” atau lebih dikenal dengan Ice Gobies. Disebut ice gobies karena kita dapat melihat dengan jelas struktur dalam tubuh mereka, karena tubuh mereka tembus pandang seperti Es.


Katsu ika odori don

Berbeda dengan ikan, ini merupakan cara memakan cumi – cumi atau gurita saat mereka masi dapat menggerakan tubuh mereka. Ini cara yang banyak diprotes oleh banyak orang karena dinilai membuat sang gurita atau cumi – cumi merasakan sakit yang luar biasa setelah bagian  mereka terpotong potong.

Faktanya bahwa setelah kepala mereka dipotong dan terpisah dengan kaki mereka, mereka sebenarnya sudah meninggal dan tidak merasakan apa – apa. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa bagian tubuh kaki mereka dapat bergerak, ini dikarenakan beberapa syaraf mereka masi berfungsi, mereka tidak merasakan sakit apa – apa, hanya gerakan normal yang terjadi beberapa menit setelah itu tubuh bagian kaki mereka akan berhenti bergerak.

 

 

 

 

Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor
Close