Budaya Jepang

Japanese Culture : Sakurayu

Sakurayu merupakan sebuah minuman yang berasal dari Jepang dengan berbahan dasar bunga sakura. Bunga sakura sendiri merupakan sejenis bunga yang banyak tumbuh di negara Jepang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis untuk mengunjungi Jepang.

Sakurayu

teh sakurayu

Teh sakurayu ini terbuat dari kelopak dan tangkai bunga sakura yang sudah terlebih dahulu dikeringkan. Tidak semua jenis bunga sakura dapat dijadikan teh ini, hanya dari jenis yae sakura yang memiliki kelopak ganda dan yang bunganya paling harum yang dipilih untuk mejadi bahan teh ini. Bunganya pun harus dipanen saat pertengahan atau akhir musim semi, sebab saat itu merupakan masa mekarnya sakura.

Setelah dibersihkan, bunga sakura kemudian direndam dalam larutan cuka plum dan garam. Setelah itu dikeringkan dan dikemas sebagai teh. Sakurayu pun siap diseduh menjadi minuman khas musim semi. Rasanya sedikit asin dan asam karena rendaman air garam dan cuka.

Teh sakura biasanya disajikan saat omiai (perjodohan) dan upacara pernikahan. Sebab teh sakura yang jernih mewakili ‘lembaran hidup baru yang bersih’ bagi pasangan.

 

 

Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor
Back to top button
Close