Budaya Jepang

Japanese Culture : Senbei

Cemilan Asin Manis Kriuk Kriuk Dari Jepang

Senbei merupakan snack Jepang yang terbuat dari tepung beras. Senbei biasanya pipih dan berbentuk bundar, persegi dan persegi panjang.

Cara memasak senbei yaitu dengan cara dipanggang hingga berwarna kuning keemasan. Bila dibandingkan kerupuk Indonesia, Senbei memiliki ketebalan yang lebih tebal dan berukuran lebih besar.

Senbei biasanya memiliki rasa yang manis, namun tidak sedikit yang terasa asin karena diberi garam. Variasi rasa senbei yang umum adalah senbei rasa miso, rasa kecap asin, dan rasa wijen.

Senbêi rasa kecap asin yang dibungkus dengan nori atau diberi nori pada permukaannya disebut nori senbei.

 Berbagai Macam Jenis Senbei

senbei

Secara garis besar, senbêi digolongkan menurut bahan baku.

  • Senbêi manis dari tepung terigu dan telur ayam (amami senbêi)

Senbêi adalah sebutan untuk berbagai jenis kue kering tradisional di daerah Kansai, dan rasanya manis seperti biskuit. Salah satu contohnya adalah kawara senbêi (senbêi genting) yang berbentuk seperti genting dan berwarna cokelat tua.

Bahan bakunya adalah tepung terigu, gula pasir, dan telur ayam. Kue kering dari Kyoto yang disebut yatsuhashi juga dimasukkan ke dalam golongan ini walaupun dibuat dari tepung beras.

  • Senbêi dari beras (beika senbêi)

Senbêi dari tepung beras terutama diproduksi di daerah Kanto. Sebagian besar senbêi jenis ini rasanya agak asin karena diberi garam atau dipoles dengan kecap asin.

Setelah dicuci, beras atau beras ketan digiling hingga hancur dan dicampur air panas untuk menjadi adonan. Adonan dibentuk panjang-panjang selebar kepalan tangan dan dikukus. Setelah matang, adonan ditumbuk dan diistirahatkan hingga beberapa kali.

Setelah menjadi mochi, adonan dilebarkan dan dipotong-potong. Sebelum dapat dipanggang, senbêi mentah dikeringkan di bawah sinar matahari.

Di daerah Kansai, senbêi jenis ini disebut okaki, dan bahan bakunya adalah beras ketan. Berdasarkan bentuknya, makanan ringan ini disebut arare atau kakimochi (mochi pipih).

Senbêi yang dimatangkan dengan cara digoreng disebut senbêi goreng (age senbêi). Salah satu contohnya adalah Bonchiage yang memiliki rasa kecap asin dan gula yang kuat.

  • Senbêi udang dari tepung kentang atau tepung jenis lain (ebi senbêi).

Daerah Semenanjung Chita, Prefektur Aichi terkenal dengan makanan khas berupa senbêi udang. Bahan bakunya adalah tepung yang dicampur ikan atau udang kering yang dihaluskan.

Senbêi udang istimewa dari Prefektur Aichi dibuat dari seekor udang utuh yang dipres bersama tepung hingga menjadi senbêi yang garing.

Source
senbei
Tags
Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor

Close