Budaya Jepang

Japanese Culture : Udon

Udon adalah salah satu jenis mie terkenal yang berasal dari jepang, terbuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal dan lebar

Sesuai standar JAS(japanese agricultural standard), udon berbentuk bulat seperti pipa harus berdiameter di atas 1,7 mm, sedangkan udon berbentuk pipih harus memiliki lebar di atas 1,7 mm.

Ada juga Hiyamugi terlihat mirip dengan udon namun lebih langsing. Hiyamugi mempunyai diameter 1,2-1,7 mm dan ketebalan 1,0-2,0 mm.

Di Jepang, udon merupakan makanan rakyat, berharga murah dan banyak dimakan sebagai pengganti nasi. Orang Jepang sejak dulu sudah akrab dengan udon dan sering dimakan beramai-ramai sewaktu ada keramaian atau perayaan.


Cara Pembuatan

Untuk membuat adonan Udõn kita dapat menggunakan tepung terigu berprotein sedang atau rendah, kemudian diulen dengan air dan diberi sedikit garam. Setelah adonan jadi, kemudian adonan dipotong-potong dan bisa langsung direbus. Udõn rebus biasanya dimakan menggunakan kuah, kuah tersebut terbuat dari dashi(Kaldu), kemudian ditambahkan tsuyu(Kecap Asin)

Sejarah

Di zaman kuno, udÒn dibaca”undon”. Konon orang Jepang mengenalnya pada abad pertengahan sebagai makanan asal Tiongkok. Sampai sekarang, pangsit (wonton) dalam dialek Wu ditulis sebagai 餛飩 dan dibaca sebagai undon. Dalam kitab Engishiki, “undon” diperkenalkan sebagai salah satu jenis makanan dari dinasti Tang. Tapi “undon” zaman itu mungkin lebih dekat dengan pangsit, karena berupa daging dibungkus lembaran tepung yang digilas tipis. Udõn yang dikenal sekarang ini dulunya disebut Kirimugi, dan baru disebut “udõn” sejak zaman Edo. Pada waktu itu, “udõn” adalah nama untuk sejenis masakan berupa kirimugi yang dimakan dengan kuah hangat, atau didinginkan dengan air es setelah direbus.
Tags
Show More

William

Otakurei.com Writer n Editor
Close