Game

Kok Mahal? Game Fisik Switch vs Game Fisik Playstation 4

Kenapa Harga Game Fisik Switch Jauh Lebih Mahal Dibandingkan PS4 dan XBOX?

Kenapa game original PS4  lebih murah daripada game Switch? padahal bisa dibilang game PS4 lebih menunjukan high end game dengan kemampuan HD dan 4K.

Selain dari kemampuan storage yang tidah berbeda jauh untuk PS4 dan switch, dimana game fisik Switch dapat menyimpan data maksimal sebesar 32 GB, dan blue ray PS4 dapat menyimpan 25 – 50gb.

Tetapi kenapa hargaya kok beda jauh? dimana game switch yang terkenal biasa terpaku diantara 59.99 USD, sedangkan game PS4 hanya sekitar 40 – 60 USD.

SWITCH GAMES CARTRIGES

Sebuah pemberitaan mengatakan bahwa untuk membuat game fisik Switch membutuhkan dana yang cukup besar, selain itu sebuah peraturan dimana harga game digital harus sama dengan game fisik untuk switch.

Hal ini membuat game fisik switch terlihat sangat mahal, berkisar antara 750rb – 850rb untuk sebagian besar game ternamanya.

Selain dari itu game fisik switch memiliki harga yang berbeda – beda sesuai dengan kapasitas maksimal dari cartridges seperti sdcard.

Beragam dimulai dari 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, hal ini menyebabkan game Swtich dijual berdasarkan jumlah maksimum kapasitas cartridges.

Maka dari itu kalian akan melihat game – game Switch dengan harga fix di: $ 5.99, $ 9.99, $ 19.99, $ 29.99, $ 39.99, dan $ 59.99. Tetapi tentunya harga ini hanya berlaku untuk game – game yang memiliki game fisik, untuk game yang dijual hanya dalam bentuk digital akan memiliki harga yang lebih beragam.

PS4 & XBOX BLU RAY GAMES

Game PS4 dan XBOX menggunakan kaset Blu ray yang bisa dibilang lebih terjangkau dengan kapasitas maximum yang lebih banyak, kaset blue ray ada 3 jenis yaitu 1 layer max 25GB, 2 layer max 50GB, dan 3layer max 100GB.

Dengan harga produksi yang lebih murah, dan tidak adanya peraturan untuk harga game digital harus sama dengan game fisik, harga game PS4 dan XBOX sangat beragam.

Developer game dapat menaruh harga sesuai dengan biaya produksi atau tingkat kesulitan pembuatan game bukan berdasarkan harga cartridges seperti di SWITCH.

Bahkan game – game digital yang mereka jual malah lebih mahal dibandingkan game fisik yang beredar di Indonesia. Harga game digital pada PS4 dan XBOX dapat lebih mahal 5 usd – 10 usd tergantung harga yang ditetapkan oleh developer.

Tetapi tentunya setiap perangkat memiliki kelebihan masing – masing, dimana SWITCH memiliki kekuatan handheld bisa dibawa kemana – mana, sedangkan PS4 dan XBOX memiliki kekuatan grafis.

Jadi jika ada satu game yang muncul di ketiga perangkat, anda akan memilih yang mana? harga mahal dan grafit terpaku pada 720p tetapi bisa dibawa main kemana – mana, atau harga murah dengan grafik mencapai 1080p atau 4k tetapi hanya dapat dimainkan dirumah saja.

Tags
Show More

Reimon Handoko

Otakurei Admin, Gamer, Cosplay n Toy Photographer, Writer, Youtuber, F.A.G Collector, & Fat Otaku For Hire!
Close