Berita

Korona, Corona, Coronavirus Menyebar, Bagaimana Efeknya di Dunia Hobby?

Menyebar Keseluruh Dunia, Menyebabkan Dunia Otaku Terkena Imbas Dari Korona

Saat ini hampir seluruh masyarakat diseluruh dunia mengetahui mengenai Korona, Corona, atau Coronavirus yang sedang menyerang, banyak sekali yang terkena imbas seperti peningkatan harga masker, antiseptic, dst.

Tapi apakah virus yang satu ini memberikan dampak yang cukup besar kepada komunitas otaku? pada saat ini ada sekitar 250 penduduk jepang yang terdata positif terkena virus viral ini.

Jumlah itu memang terbilang tidak begitu banyak dibanding total penduduk Jepang yang berjumlah sekitar 125 juta jiwa. Walaupun begitu beberapa tempat sempat terlihat perkelahian untuk rebutan masker dan berbagai alat kesehatan laiinya.

Eiichiro Oda Sakit Coronavirus? Infinite Dendogram Dicancel?

Untungnya untuk saat ini di bidang  manga belum ada efek yang signifikan, jadwal anime masih melaju aman sesuai dengan waktu tayangnya. Untuk manga belum ada kabar mangaka yang terkena virus korona.

Walaupun beberapa saat yang lalu sempat beredar bahwa mangaka One Piece, Eiichiro Oda sempat vakum karena sakit, untungnya ia tidak terkena coronavirus dan saat ini sang mangaka sudah pulih sepenuhnya.

Dalam masalah anime, beberapa anime sempat ditunda karena masalah perdebatan coronavirus, saat ini beberapa anime masih episode 7 karena sempat tertunda untuk 1 episode, beberapa anime tersebut seperti, Infinite Dendogram dan Toaru Kagaku no Railgun.

Event Cosplay, Anime Convention Besar Tahunan Di Jepang Di Cancel Karena Korona

Dampak yang terlihat adalah pada event besar tahunan yang selalu diadakan, event – event cosplay yang sudah dijadwalkan ternyata banyak yang terpaksa dihentikan atau dicancel. Hal ini karena wabah virus yang ditakutkan akan lebih mudah menyebar jika banyak orang berada dalam satu tempat dalam jangka waktu yang lama

Berdasarkan twitter diatas sebuah konvensi anime besar di Jepang yang direncanakan untuk bulan April mendatang, terpaksa digagalkan demi keamanan para pengunjung, staff, dan para bintang tamu.

Karena Produksi Pabrik Terhambat, Action Figure dan Boardgame Delay Semua?

Dampak berikutnya terlihat di bidang hobby miniature dan boardgames, hal ini dikarenakan banyak pabrik – pabrik untuk pembuatan barang berasal dari China. Seperti yang sudah anda ketahui, China saat ini sedang berjuang keras melawan virus yang sudah mewabah disana.

Saat ini terdata sekitar 80 ribu kasus korona positif di China sendiri, untungnya berkat penanganan cepat pemerintah akhir – akhir ini dan bantuan dari para penduduknya, jumlah penduduk yang terkena coronavirus mulai  menurun dari hari ke hari.

Hal ini membuat banyak pabrik yang bertempat di China libur, istirahat, dan terhambat produksinya. Hasil dari hal tersebut membuat beberapa jadwal terbit action figure dan banyak jenis boardgame terhambat dan delay.

Corona Menyebar Xbox Series X, PS5 , dan Switch Animal Crossing Edition Tertunda?

Dalam bidang game tidak terlihat begitu banyak perubahan, terutama dikarenakan event terbesar dalam bidang game masih cukup lama yaitu pada bulan Jnuni mendatang.

corona, korona menunda pengiriman

Event yang  di cancel baru – baru ini hanyalah sebuah event promosi Final Fantasy VII Remake Battle Train, acara ini di cancel karena peserta event nantinya akan berkumpul didalam kereta dan berkeliling memutari beberapa area di Jepang, Square Enix mengatakan sekumpulan orang didalam kereta tertutup akan memaparkan para peserta ke penyebaran virus.

Tetapi bisa diperkirakan dari produksi pabrik yang terhambat dapat membuat jadwal rilis untuk Playstation 5, XBOX, dan mungkin untuk Nintendo Switch Animal Crossing.

Tetapi dilihat dari webnya tidak ada perubahan atas jadwal rilis dari perangkat konsol Nintendo terbaru, padahal perangkat tersebut direncanakan untuk dipasarkan pada tanggal 20 Maret mendatang. Hal ini mungkin memperlihatkan bahwa konsol sudah siap dipasarkan dan tidak dipengaruhi oleh coronavirus.

Tags
Show More

Reimon Handoko

Otakurei Admin, Gamer, Cosplay n Toy Photographer, Writer, Youtuber, F.A.G Collector, & Fat Otaku For Hire!
Back to top button
Close