Otakurei Review

TOP10 Game RPG Jepang Yang Akan Rilis Untuk PS4 di Tahun 2016-2017

Anda penggemar game RPG? terutama game-game yang memiliki gameplay Japanese style RPG atau JRPG? berikut ini list game yang bertema turn-based JRPG dan Action JRPG yang akan rilis untuk PlayStation 4 pada tahun 2016 sampai 2017.

Firis No Atelier: Fushigi na Tabi no Renkinjutsushi 29 September 2016 (Japan)

Atelier series! kali ini yang lebih dikenal dengan Atelier Firis: The Alchemist of the Mysterious Journey masih mempertahankan mode gamplay dimana kita sebagai pemain dapat mencari bahan dan menciptakan ratusan item, senjata, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Pada game ini pemain akan diberikan pilihan untuk mengganti baju yang dikenakan oleh tokoh utama, selain dari itu dunia dari seri atelier kali ini lebih besar dibandingkan dari seri-seri terdahulunya.

Dragon Quest Builder – 11 Oktober 2016 (English)

Memang bukan termasuk ke genre RPG, tetapi Dragon Quest sudah menarik hati para penggemar RPG sejak dulu. Bertipe sanbox kotak-kotak, para pemain akan dibawa ke dunia permainan mirip dengan Minecraft.

Di Game ini kalian akan dapat menciptakan dunia fantasy penuh dengan petualangan, dipenuhi dengan monster-monster berukuran kecil sampai raksasa. Sebagai tokoh utama dalam game Dragon Quest Builder, kalian harus menciptakan tempat pertahanan, senjata, armor, dan banyak hal lainnya untuk bertahan hidup di dunia Dragon Quest.

World of Final Fantasy 25 Oktober 2016 (English)

Final Fantasy sudah sangat terkenal dikalangan gamer, game ini sudah memasuki berbagai genre mulai dari japanese-style RPG, SRPG, duel, MMORPG, dan lain-lain. Kali ini World of Final Fantasy mulai mengambil jalur JRPG lain, yaitu mirip seperti pokemon, dimana kita dapat mengumpulkan monster dan melatihnya agar menjadi lebih kuat.

Dikenal dengan model gambarnya yang sangat bagus di jamanya, kali ini Final Fantasy lebih memilih jalur 3D yang lebih imut dan lucu, dipenuhi dengan monster chibi dan karakter-karakter terkenal berbadan mungil.

Sword Art Online: Hollow Realization – 27 Oktober 2016 (Japan)

Mulai terkenal sejak ditayangkanya anime Sword Art Online, seri yang lebih dikenal dengan SAO ini mulai memanggil-manggil hati para gamer. Dikenal dengan sistem yang membuat sang gamer masuk kedalam dunia game,  SAO memperlihatkan kehidupan sang karakter didalam game MMORPG.

Pada game Sword Art Online, kalian akan dapat mengkustom anggota party dari 300 karakter yang ada di dunia ini. Selain dari itu, kalian juga dapat memilih berbagai senjata dan armor yang disediakan untuk membuat karakter yang berbeda dari yang lain.

Final Fantasy XV – 29 November 2016 (Multi)

Salah satu game yang menjadi trademark dari Square Enix ini akan membawakan desain 3D dan gameplay yang sangat menakjubkan. Dengan model game yang agak berbeda dari seri-seri sebelumnya, FFXV akan memperlihatkan lebih banyak action kedalam gamenya.

Perencanaan FFXV dimulai sejak tahun 2006, sedangkan realisasinya mulai dimulai pada tahun 2012. Dibutuhkan 4 tahun untuk mencapai hasil akhir dari game ini, dipenuhi dengan desain-desain karakter dan dunia yang dapat dikatakan membawa dunia fantasi ke dunia nyata.

Final Fantasy XV Sempat diundur, dari tanggal rilis aslinya pada 30 September menjadi 29 November. Dikatakan untuk memainkan game ini sampai tamat diperkirakan butuh waktu lebih dari 100 jam, sebuah kabar baik bagi para gamer setelah dikecewakan oleh game Star Ocean 5 yang hanya membutuhkan waktu 20 jam untuk ditamatkan.

Persona 5 – 14 Febuari 2017

Persona 5, game yang terkenal dengan settingnya yang gelap dan dipenuhi oleh monster dan hantu yang mengerikan. Kali ini Persona 5 akan kembali menampakan dirinya ke PlayStation 4 dengan tampilan yang lebih menarik dan mempesona.

Dipenuhi dengan kegelapan dan keunikan tersendiri, Persona 5 dengan sistem Social Link atau Cooperation memberikan kesan pertemanan dan ikatan yang kuat untuk membantu sesama dalam menghadapi berbagai masalah berbeda yang dialami oleh setiap orang.

Pada setiap gamenya, persona selalu berfokus kepada satu topik, Persona 3 mengenai kematian, Persona 4 mengenai kebenaran, dan Persona 5 mengenai perbudakan. Game ini akan memperlihatkan kehidupan pada abad 21, dimana sang karakter diikat dengan peraturan-peraturan yang diciptakan oleh masyarakat sekitarnya.

Tales of Beseria – 31 Maret 2017

Seri Tales, sebuah seri yang menggabungkan RPG dengan sistem Action sejak dahulu kala, dibumbui dengan cerita-cerita yang mendalam mengenai kehidupan politik dan militer dunia, seri ini selalu saja dapat menciptakan alur cerita yang menarik hati para penggemarnya.

Game ini masih memiliki sistem gameplay yang mirip dengan seri sebelumnya. Tetapi, dengan dengan perpaduan action battle dari karakter-karakter yang baru dan berbeda dari setiap serinya, Tales of Berseria akan memperlihatkan cara pertarungan dan strategi yang berbeda dari seri lainnya.

Dragon Quest XI – 27 Mei 2017 (Japan)

Game klasik Dragon Quest, dengan perjuangan panjang seperti seri Final Fantasy game ini merupakan salah satu bos besar di dunia JRPG yang masih berjuang untuk mempertahankan model pertarungan turn based RPG.

Dikatakan bahwa Dragon Quest akan mencoba mempertahankan mode turn based, dikarenakan sistem tradisional ini membuat pemain dapat mengendalikan setiap karakter secara maksimal, tidak ada perasaan dimana pemain harus bertindak cepat dan terburu-buru.

Dari sisi lain, Dragon Quest juga akan keluar di 3DS, dengan memanfaatkan dual screen secara unik. Untuk Nintendo 3DS Dragon quest akan memperlihatkan dua tipe visual, yaitu model game klasik 2D di layar touch screen dan model game 3D untuk layar atas.

Final Fantasy 7 Remake – Q3 2017

Menjadi salah satu game yang paling ditunggu-tunggu bagi para penggemar seri Final Fantasy, game ini dapat mengecewakan maupun menghibur para penggemarnya. Final fantasy 7 merupakan game FF pertama yang memasuki dunia 3D, dipenuhi dengan fitur-fitur yang baru dan inovatif di jamanya, game ini akan selalu ada di ingatan para gamer dunia.

Kali ini Final Fantasy 7 akan mendapatkan operasi plastik super canggih, dimana setiap karakter, bangunan, skill berubah total. Bagaikan game baru, Final Fantasy 7 Remake akan membuat para gamer tenggelam kedalam dunia fantasi yang penuh dengan pertarungan dan petualangan.

Kingdom Hearts III – TBA 2017

Pertama kali diberitakan, game Kingdom Hearts langsung menjadi topik panas, dimana game ini menggabungkan dunia Disney dengan dunia Final fantasy oleh Square Enix (dulunya Square Co., Ltd.) Dipenuhi dengan cerita yang dalam dan menarik oleh disney, ditambah dengan karakter-karakter dari seri Final Fantasy game ini menarik perhatian dari para gamer dan penggemar Disney.

Saat ini Kingdom Hearts III masih dalam masa pengembangan, ada beberapa rumor bahwa game ini akan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2017. Selain dari itu film-film disney seperti Tangled dan Big Hero 6 dikabarkan akan masuk kedalam game ini.

Banyak para fans yang bertanya-tanya apakah Wreck it Ralph dan Frozen akan masuk kedalam Kingdom Hearts III? Tapi info lebih lanjut dan lengkap masih belum dipublikasikan ke umum.


    List TOP10 diatas diurutkan sesuai tanggal rilisnya, game manakah yang paling ditunggu-tunggu menurut kalian? pilih polling dan post komentar kalian dibawah.

    [poll id=”1″]

     

    Tags
    Show More

    Reimon Handoko

    Otakurei Admin, Gamer, Cosplay n Toy Photographer, Writer, Youtuber, F.A.G Collector, & Fat Single Otaku For Hire!

    Close