Otakurei Review

TOP5 Game RPG Classic Yang Bertahan Bahkan Semakin Berkembang

Game RPG cukup merajalela di jaman keemasannya, tetapi berapa banyakkah game RPG yang dapat bertahan dan berkembang seiring jalannya waktu?

Sudah banyak Game RPG yang hadir di pasaran pada saat ini, tapi berapa banyakah game upcoming 2019 yang serinya sudah mengalami banyak perjuangan sejak jaman dulu?

Mempertahankan kualitas game, dan menjaga para fans agar tetap setia merupakan hal yang sangat sulit, apalagi perkembangan teknologi yang pesat menuntut para developer meningkatkan performa gamenya.

Tetapi walaupun banyak halangan dan hater, berikut ini seri game yang tetap berjuang dan masih terus berjuang untuk menghibur para gamer di seluruh dunia.

Tetapi sebelumnya cek juga sebuah post lain mengenai TOP 5 Game RPG Classic yang Hilang Semangat Dimakan Waktu.

Atelier Series, Game Atelier Lulua & Atelier Ryza

Akan ada banyak seri game legendaris dengan nama yang sudah tidak asing lagi di post yang satu ini, dan Atelier series merupakan salah satu dari game – game legendaris yang masih mempertahankan jati dirinya di dunia gaming.

Atelier merupakan game bertema alchemist yang dipenuhi dengan item crafting dan resource gathering sejak tahun 1997. Game ini sudah memiliki banyak judul, bahkan mereka dapat merilis 2 game dalam setahun.

Memang merilis banyak game dalam jangka waktu yang dekat akan menimbulkan kelemahan, contohnya dalam game ini segala jenis fitur dan model gameplay terlihat cukup monoton dari game yang satu ke game yang lainnya.

Tetapi Atelier series tetap menjaga kualitas gamenya, tidak mengilangkan fitur – fitur yang sudah dimiliki, bahkan seri ini semakin berkembang setiap gamenya.

Masih berjuang sampai saat ini, Atelier merilis dua seri baru pada tahun 2019 ini, yaitu Atelier Lulua yang sudah dirilis & Atelier Ryza yang akan dirilis pada Q3 tahun ini.

Tales Series, Game Tales of Arise

Tales Series merupakan salah satu game yang melakukan tindakan luar biasa pada jamanya, game yang menyatukan unsur RPG dengan action. Hal ini membuat jenis game RPG baru dari sistem turn based menjadi action battle.

Tales series memiliki cerita yang sangat rumit dan mendalam, setiap karakter yang ditampilkan memiliki latar belakang yang sulit dan kompleks. Game ini sangat menarik terutama bagi kalian yang gemar game penuh dengan cerita dan petualangan dunia fantasy

Walaupun terlihat mulai kehilangan semngat dengan perubahan drastisnya sewaktu mereka mengeluarkan Tales of the Rays untuk mobile, ternyata hal Bandai berbicara hal sebaliknya pada tahun ini.

tales of arise game

Sebuah screenshot dari game yang diperkirakan dengan judul Tales of Arise sedang dalam masa development yang dikatakan sudah sejak tahun 2018 lalu, dapat diperkirakan jika ini benar terjadi, Bandai akan mengumumkan game ini pada E3 besok.

Dapat dilihat dari model gambar, efek serangan, model karakter, dunia yang lebih luas dan mendetail. Seri Tales masih memiliki tenaga untuk berjuang untuk menjadi yang lebih baik bahkan menjadi yang terbaik.

Dragon Quest Series, Game Dragon Quest Builder 2

Dragon Quest!! Sebuah kumpulan game yang berkembang jauh dari waktu ke waktu, tidak ada kata lengah bagi game ini. Sebagian besar game yang mereka keluarkan merupakan sebuah game yang perfeksionis dimulai dari crita, fitur, gameplay, sampai grafik.

Dragon Quest juga sering melakukan banyak percobaan, mereka mengembangkan sayapnya ke media lain seperti iOS, android, handheld, console, sampai ke PC.

Game yang mereka tawarkanpun sangat beragam, dimulai dari classic RPG, beat-em-up, card game, monster tamer, sampai sejenis minecraft atau builder game.

Pada bulan July 2019 mendatang, sebuah game baru yang berjudul Dragon Quest Builders 2 akan muncul di pasaran. Game ini memiliki konsep yang serupa dengan seri sebelumnya, yaitu sistem bangun membangun ditambah dengan battle, quest, party, farming, fishing, dan story telling.

Bisa dibilang game baru ini merupakan minecraft yang diubah dengan mod Dragon Quest dan tentunya dengan grafik dan tampilan khas dari seri game ini.

Pokemon Series, Game Pokemon Shield & Word

Game berikutnya adalah salah satu sesepuh dari game bergenre RPG. Gamer mana yang tidak kenal game Pokemon? dimulai dari tahun 1996 sampai saat ini seri Pokemon sangat populer dikalangan pencinta game.

Pokemon memberikan model gameplay baru, dimana kalian akan menjadi seorang trainer yang merekrut monster untuk membantu anda dalam pertarungan. Dan game ini menjadi sebuah pelopor dari seluruh jenis game yang memperlihatkan sistem penangkapan dan perubahan monster.

Pada 3/4 hidup game ini, Pokemon merupakan game yang cukup monoton, hampir tidak berubah sama sekali dari tahun ke tahun. Tetapi seiring perkembangan teknologi, Pokemon langsung berubah banyak dan saat itu juga langsung memikat ratusan juta player hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Saat ini, Pokemon kembali lagi kehadapan para gamer, di tahun 2019 pada bulan November mendatang, sebuah game berjudul Pokemon Shield & Pokemon Sword akan meluncur ke tangan para fansnya.

Dan hebatnya lagi, game kali ini akan berkembang sangat jauh dibandingkan game – game sebelumnya, Pokemon Shiled & Sword akan memiliki tampilan 3D yang jauh memukau, dan tentunya semakin banyak fitur – fitur baru yang dapat membuat para pemainnya cukup sibuk di dalam game.

Final Fantasy Series, Game Final Fantasy 7 Remake

Game terakhir adalah game RPG tertua yang dapat bertahan dari ancaman kemajuan teknologi dan peningkatan ekspektasi para gamer setiap tahunnya. Game ini telah berada di pasaran sejak tahun 1987 pada perangkat Nintendo pada saat itu.

Pada masa emas game RPG, Final Fantasy bisa dibilang menjadi salah satu pesaing papan atas untuk semua game – game bergenre serupa. Sebagus dan sebanyak apapun game baru yang dikeluarkan pada masa itu, Final Fantasy tidak akan dapat dilupakan oleh para pencinta game RPG, bahkan game ini menjadi game yang sangat ditunggu – tunggu kelanjutannya.

Hal tersebut tidak berubah bahkan sampai saat ini, Final Fantasy yang sangat terkenal dengan perubahan grafik yang sangat drastis, dan sistem cerita fantasy yang mendalami setiap karakter, membuat game ini menjadi TOP game RPG terbaik sepanjang masa.

Perjuangan dari seri Final Fantasy tidak berhenti sampai disini saja, mereka terus menerus membuat game – game derteknologi termutakhir disetiap waktunya, tetapi sayangnya hal ini membuat proses pembuatan game akan sangat panjang dan cukup melelahkan. Game – game terakhir yang dibuat mecakup jarak antar 3-6 tahun untuk per gamenya.

Tetapi di sela – sela kesibukan membuat seri baru, mereka selalu mengeluarkan sebuah atau dua buah kejutan, seperti remake game dengan tekstur baru.

Salah satunya adalah Final Fantasy 7 Remake, game ini bisa dibilang seperti game baru yang tidak dikenal sama sekali, jika dibandingkan dengan model polygon pada game FF7 di ps1.

Untuk apakah game ini akan dapat menjaga namanya sebagai salah satu game Final Fantasy terbaik sepanjang sejarah? dengan cerita yang kompleks dan fitur – fitur mini game yang tiada tandingan? kita hanya dapat menunggu semuanya pada saat game ini rilis nantinya.

Tags
Show More

Reimon Handoko

Otakurei Admin, Gamer, Cosplay n Toy Photographer, Writer, Youtuber, F.A.G Collector, & Fat Otaku For Hire!
Back to top button
Close