Otakurei Review

TOP5 Manhwa / Webtoon Buat Para Gamer

Setelah membuat list manga yang bakal menarik buat para gamer sekarang kami akan mereview manhwa / webtoon yang akan menarik para gamer.

Sepersi biasa kita akan membuat berbagai batasan untuk mempersempit manhwa / webtoon yang akan kami review. Yang pasti manhwa ini dapat dengan mudah kalian cari pada situs online mangareader / Line webtoon dan tersedia dalam bahasa Inggris.

Batasan pertama adalah manhwa yang kami review merupakan sebuah manhwa yang memiliki sistem bagai game – game RPG, yaitu baik dari sistem level, dungeon, status, skill, dan banyak lagi.

Game yang dimaksud adalah sebuah game perang dimana ada terjadi sebuah action, bukan game VN yang merupakan drama cinta-cintaan dan sebagainya.

Berdasarkan dari kriteria diatas berikut ini adalah beberapa list TOP5 Manhwa buat para gamer menurut Otakurei.com di tahun 2019

The Gamer

top 5 manwha webtoon

Pada webtoon yang satu ini karakter utama kita adalah Jihan Han seorang murid biasa yang terlihat tidak memiliki kelebihan apa – apa.

Tetapi ia menyadari bahwa ini memiliki sebuah kekuatan spesial, ia memiliki kekuatan “The Gamer” sebuah kekuatan yang membuat ia seperti karakter dialam sebuah game.

Disini ia dapat melihat berbagai status seperti layaknya kalian bermain game RPG, Jihan dapat melihat nama, status, level, dan berbagai macam tampilan lainya.

Selain dari itu ia dapat menjadi lebih kuat dengan leveling didalam dungeon dan menaikan level, setiap naik level ia akan mendapatkan poin – poin untuk menambah statusnya seperti, STR, INT, DEX, VIT, dan lain – lain.

Setiap status yang ia tambahkan akan mempengaruhi kehidupanya, seperti dengan menambahkan INT ia akan lebih mudah dalam belajar, dengan mendambahkan STR ia akan menjadi lebih kuat dalam mengangkat benda, dll

Tetapi kehidupan tidak semudah yang dikira, ketika kalian telah memasuki dunia bawah ternyata tidak sedikit orang – orang yang memiliki kekuatan juga yang bahkan jauh lebih kuat dari The Gamer.

Dengan begini ia mau tidak mau harus memanfaatkan kekuatanya sebagai The Gamer untuk meningkatkan levelnya baik untuk menyelamatkan dirinya dari orang lain ataupun menyelamatkan orang – orang disekitarnya.

Bagaimana sang gamer menjalani kehidupan gandanya? dan bagiamana ia dapat mempertahankan diri dari serangan – serangan orang berkekuatan laiinya? simak semuanya di webtoon The Gamer.

Manhwa ini sangat menrik menurut kami, soalnya kebanyakan manga RPG memperlihatkan kehidupan di dunia lain, tetapi The Gamer memperlihatkan kisah hidup di dunia serupa yang kita tinggali saat ini.

Seorang manusia dengan sebuah kekuatan yang dapat mengubah kehidupan dan aktifitas sehari hari, merupakan sebuah kekuatan yang tentunya diidamkan oleh banyak orang.

Solo Leveling

solo leveling manhwa

Webtoon yang satu ini tidak menyembunyikan mengenai kehidupan orang – orang yang memiliki kekuatan, bahkan menjadi seorang Hunter rupakan sebuah pekerjaan legal yang dapat menjadi sumber penghasilan utama.

Karakter utama kita kali ini adalah Sung jin Woo, ia merupakan seorang hunter yang cukup terkenal di kalangan para hunter. Bukan terkenal karena kekuatan atau skillnya, tetapi ia lebih terkenal sebagai hunter terlemah yang susah bertahan hidup bahkan di dungeon terlemah sekalipun.

Tetapi suatu saat ia memasuki dungeon terlemah level-E yang sangat spesial, disana terdapat berbagai perangkap yang tidak seharusnya ada di dalam dungeon yang termudah.

Walapun ia tidak memiliki kekuatan seperti hunter lainya, ia memiliki tingkat kecerdasan yang bisa dibilang cukup tinggi, dalam dungeon ini para hunter diberikan berbagai halangan yang perlu dipecahkan dengan keberanian dan kepintaran.

Singkat cerita setelah beberapa korban berjatuhan, Sung Jin Woo dan dua orang lainya tersisa sebagai hunter terakhir, tetapi karena hal yang tidak memungkinkan untuk bertahan, Sung Jin Woo ditinggal pergi oleh kedua hunter lain.

Setelah semua harapan telah tiada, ternyata ia malah mendapatkan kesempatan kedua dan mendapatkan kekuatan baru. Kekuatan barunya ini memaksa ia sebagai hunter terlemah untuk melatih diri agar menjadi lebih kuat. 

Setiap ada sebuah event ia mendapatkan quest yang harus ia lakukan atau dia akan mendapatkan hukuman, jika ia berhasil menyelesaikan misi ia akan mendapatkan bonus untuk menjadi lebih kuat, tetapi jika tidak berhasil maka hukuman yang mengerikan akan diberikan kepadanya.

Bagaimana seorang lemah dapat menjadi yang terkuat? dan bagaimana ia dapat menyembunyikan kekuatan uniknya agar tidak diincar oleh hunter lain? simak semua di Solo Leveling.

Solo leveling merupakan Manhwa yang memperlihatkan kehidupan para karakter shonen, dimana mereka berkembang dari seorang yang terlemah dan menjadi kuat seiring dengan lajunya waktu.

Skeleton Soldier Couldn’t Protect The Dungeon

webtoon

Cerita webtoon yang kali ini terlihat sedikit lebih unik, karakter utama kita adalah sebuah tengkorak tidak bernama, ia disummon oleh seorang necromancer bernma Rubia.

Setelah menjalani kehidupan selama 20 tahun sebagai pasukan tulang yang lemah, ternyata ia memiliki sebuah kekuatan spesial, dimana ia dapat hidup kembali setelah ia mati (kaya subaru di Re:Zero).

Ketika ia mati dikalahkan oleh seorang adventurer di 20 tahun kedepan, ia kembali hidup balik ke 20 tahun sebelumnya saat ia dibangkitkan sebagai pasukan tengkorak oleh Rubia.

Selain dari kekuatan rinkarnasi, ia juga memiliki kekuatan untuk mempertahankan sebagian kekuatan dari saat sebelum ia mati, dengan cara ini ia akhirnya dapat mengalahkan para bandit dan melindungi necromancer pertamanya setelah mati tiga kali.

Disini ia berjanji akan merubah jalan hidupnya dan berusaha untuk melindungi para necromancer yang telah berganti dibunuh dalam 20 tahun ia menjalani hidup sebagai pasukan tengkorak.

Walaupun ada saat – saat dimana ia masih terlalu lemah untuk melindungi para “master” yang menyebabkan mereka meninggal, ia tetap berjuang untuk meningkatkan kekuatanya agar dapat melindungi orang – orang yang ia sayangi.

Apakah sang tengkorak akan dapat menadi mahluk kuat yang dapat melindungi “master” di kehidupan sebelumnya? apakah ia memilih jalan berbeda dan memilih jalan kehidupa yang berbeda? simak semuanya di Skeleton Soldier Couldn’t Protect the Dungeon.

Banyak cerita yang memperlihatkan kehidupan yang berkembang dengan jalanya waktu, tetapi manwha kali ini memiliki unsur yang unik dimana sang karakter dapat hidup kembali berulang – ulang dan mempertahankan level di kehidupan sebelumnya.

Tentunya dengan cerita yang berulang ia akan dapat memilih jalan cerita yang lain dari pilihan sebelumnya, hal ini membuat cerita manwha ini susah ditebak dan memperlihatkan sisi jagoan utama dapat mati juga loh…

 A Returner’s Magic Should Be Special

webtoon 2019

Satu lagi sebuah webtoon mengenai rinkarnasi, setelah berjuang dan berlatih selama 10 tahun karakter utama kita, Desir Arman, menjadi salah satu tim terkuat bagi seluruh umat manusia.

Tetapi pada akhir jaman, ketika “Shadow World” berhasil memakan dunia nyata sedikit demi sedikit dan menyebabkan kehancuran dunia, Desir yang meninggal sewaktu ledakan terakhir kembali hidup menjadi dirinya di 10 tahun yang lalu.

Disini ia kembali menjadi seorang murid dari sekolah ternama yang mengkhususkan diri untuk melatih para muraid – murid berkekuatan untuk mengalahkan “shadow World”

dimana shadow world ini adalan sebuah dunia paralel yang muncul setiap tahun, shadow world yang muncul akan memiliki level dengan tingkat kesulitan yang rendah sampai sangat tinggi.

Dalam shadow world para murid akan mendapatkan sebuah misi yang harus diselesaikan, jika mereka gagal menyelesaikan misi tersebut, makan shadow world akan meliputi dunia asli dengan kekuatan gelap dan mematikan segal sesuatu disekitarnya.

Desir Arman sebagai seorang yang telah menjalani kehidupan 10 tahun kedepan ia memiliki banyak pengetahuan yang belum terjadi, seperti beberapa jenis kekuatan yang ada, kejadian apa yang akan terjadi, sampai siapa saja dari para murid yang akan mendapatkan kekuatan ataupun peran penting di masa depan.

Dengan pengetahuan yang ia miliki ia menciptakan sebuah tim yang diisi oleh orang – orang kuat, dan tentunya melatih mereka menjadi lebih kuat lebih cepat untuk dapat mengalahkan shadow world nantinya.

Tetapi hal ini cukup rumit, karena pada sekolah ini ia hanyalah seorang murid biasa dari keluarga biasa yang tidak ternama ataupun memiliki alih kekuatan apapun.

Bagaimana ia dapat mengatasi perseteruan antar kelas atas dengan kelas bawah? dan melatih membuat murid – murid lainya menjadi lebih kuat? semuanya dapat kalian baca pada A Returner’s Magic Should Be Special.

Manhwa yang satu ini memiliki keunikan dimana sang karakter utama terlihat seperti karakter yang overpower, tetapi ia tidak overpower, ia hanya menggunakan strategi dimana ia mengetahui kelemahan dan kekuatan musuh – musuhnya.

Manhwa yang memperlihatkan action penuh strategi dan persahabatan, unik keren dan seru.

The Beginning After The End

manhwa baru 2019

Kali ini adalah sebuah webtoon yang menceritakan King Grey, seorang raja yang telah memiliki segala sesuatu yang ia mau, kekuatan, kekuasaan, dan harta berlimpah.

Tetapi suatu saat tanpa penyebab yang diketahui, king grey melihat kematiannya di kasur tempat ia beristirahat, setelah semua menjadi gelap, ia melihat cahaya dan kembali menjadi seorang bayi bernama Arthur.

Untungnya ia masih memiliki pengetahuanya sebagai raja terkuat di dunia sebelumnya, kali ini ia hidup kembali di dunia yang dipenuhi kekuatan magis dan kekuatan bela diri.

Meskipun memiliki pengetahuan yang jauh diatas manusia lainnya, di dunia ini ia hanyalah seorang balita biasa yang belum memiliki kekuatan untuk mengabulkan keinginannya.

Namun setelah beberapa tahun ia menjadi seorang bocah yang memiliki kekuatan bela diri dan magis yang dapat menandingi orang dewasa.

Bagaimana kehidupan seorang raja berkuasa di dunia lain? apa yang akan dilakukan King Grey setelah hidup kembali menjadi Arthur? simak semuanya di The Beginning After The End.

Manhwa yang terbilang masih singkat dan baru, tetapi manhwa ini menceritakan segi karakter yang bisa dibilang overpower dengan orang – orang seumurannya, sejak masih kecil ia sudah memiliki pengetahuan yang luas.

Menjelang dewasa ia sudah memiliki kekuatan bagaikan orang dewasa dan kekuatan dari monster mistikal, tetapi yang menarik adalah unsur komedi yang disisipkan di sela – sela ceritanya.

Diatas adalah TOP5 manhwa / webtoon yang telah kami review (tidak berurutan) selain dari itu, bagi kalian yang ingin mencari rekomendasi manga buat para gamer bisa klik link ini: TOP5 Manga Buat Gamer 2016.

 

Show More

Reimon Handoko

Otakurei Admin, Gamer, Cosplay n Toy Photographer, Writer, Youtuber, F.A.G Collector, & Fat Otaku For Hire!
Back to top button
Close